Laman

E S A ___ M R

Jumat, 04 September 2015

Roadshow di Negara Tetangga - Malaysia

Assalamu'alaikum...
Hari Kamis, pada 3 September 2015 kemarin, Esa pergi ke Negera Tetangga (alias belajar IPS). Mau menerangkan nih, tentang beberapa negara tetangga Indonesia! Sumbernya dari Buku IPS-ku. Hehehe... jadi, kalau mau re-post, please beri Credit ya!!


Nama negara : Malaysia
Ibukota : Kuala Lumpur
Tanggal merdeka :31 Agustus 1957
Bentuk negara : Federasi Kerajaan
Kepala negara : Sultan
Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
Bahasa resmi : Melayu
Lagu kebangsaan : Negaraku
Mata uang : Ringgit
Batas wilayah :
        - Sebelah utara : Thailand dan Laut Cina Selatan
        - Sebelah timur : Laut Sulu
        - Sebelah selatan : Pulau Kalimantan (Indonesia)
        - Sebelah barat : Selat Malaka
Wilayah Malaysia terbagi menjadi Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat berada di Semenanjung Malaka, sedangkan Malaysia Timur berada di Pulau Kalimantan bagian utara. Malaysia Barat terdiri atas sebelas negara bagian, yaitu Johor, Kedah, Kelantan, Malaka, Negeri Sembilan, Paham, Perak, Perlis, Penang, Selangor, dan Trengganu. Malaysia Timur terdiri atas dua negara bagian yaitu Serawak dan Sabah.

Suku bangsa Malaysia disebut "orang Melayu". Penduduk Malaysia bagian Barat sebagian besar terdiri atas Orang Melayu (55%), Cina (35%), India (10%) dan sisanya orang-orang Eropa dan Asia. Penduduk Malaysia bagian Timur sebagian besar adalah orang Iban (suku Dayak pesisir) sekitar 40%, orang Kadazan sekitar 20%, dan sisanya suku bangsa lain. Penduduk Malaysia mayoritas beragama Islam. Penduduk Malaysia diberi kebebasan untuk menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Bahasa resmi Malaysia adalah Melayu. Bahasa keduanya adalah bahasa Inggris, yang banyak digunakan dalam dunia usaha dan pemerintahan. Bahasa lainnya adalah Mandarin dan Tamil yang juga dipergunakan dalam pergaulan sehari-hari. Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia adalah pertanian. Hasil pertaniannya antara lain padi, teh, buah, tebu, kakao, kelapa sawit, dan karet. Karet menjadi komoditas ekspor andalan Malaysia. Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Malaysia adalah industri, pertambangan, dan kehutanan.

Daerah tengah Malaysia bagian barat berupa pegunungan. Puncak tertinggi di pegunungan tersebut adalah Gunung Tahan. Di bagian selatan berupa dataran rendah yang kering. Di sebelah timur terdapat kawasan hutan yang tidak terlalu luas. Adapun di sebelah barat berupa lahan yang subur. Kenampakan alam Malaysia bagian timur terdiri atas daerah rawa pesisir pantai, daerah perbukitan, dan lembah berhutan lebat. Daerah pedalaman berupa pegunungan. Puncak tertinggi di daerah ini adalah Gunung Kinabalu.

Malaysia memiliki iklim tropis. Di Malaysia bagian barat, musim penghujan berlangsung dari bulan September - Desember. Adapun di bagian timur musim penghujan berlangsung dari bulan Oktober - Februari. Iklim tropis membuat Malaysia memiliki keragaman hayati, sehingga terdapat sekitar 8.000 tumbuhan berbunga. Di Malaysia bagian timur menjadi habitat populasi terbesar burung di dunia. Di negara bagian Serawak juga terdapat hutan hujan tropis terbesar dan tertua di dunia.

Maaf bila ada kesalahan dalam info dan gambar (wkwkwk)
Hmmm .... besok aku mau roadshow kemana lagi ya?? Kalau gitu, terus buka aja blognya Esa.
Wassalamu'alaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik
Jangan berkata kasar